SEJARAH SD JUARA BANDUNG

Oleh : Tito Suhendar, M.Pd.

SD Juara Bandung adalah sekolah gratis berkualitas binaan Rumah Zakat yang diperuntukkan bagi mustahik/ penerima zakat yang beralamat di Jalan Sukarajin I Cibeunying Kidul Kota Bandung. Diawal berdirinya yaitu 10 Maret 2007  sekolah tidak mempunyai fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Di awal berdiri kami menempati 4 ruang kelas ukuran 25 meter persegi milik DKM Masjid Al-Huda. Ruang kelas tersebut hanya dipakai di sore hari untuk kegitan pengajian anak-anak sekitar masjid, sehingga pagi hari praktis tidak terpakai sehingga kami menawarkan untuk mengoptimalkan ruang tersebut.
 
SD Juara Bandung adalah cikal bakal SD Juara yang tersebar di nusantara. Di awal berdirinya sekolah kesulitan mencari peserta didik dikarenakan oran tua belum mempercayai kualitas sekolah, namun berkat perjuangan guru-guru sekaligus para pendiri SD Juara yaitu triyono suwito sebagai kepala sekolah yang dibantu wakil kepala sekolah bidang kurikulum firda zakiah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Ade Kusnandar, Laerning support Unit Nurul Apriyanti, Tenaga Tata Usaha Hayati Meilina, Tenaga Caraka Zakaria, serta di dukung guru-guru yang sangat hebat yaitu Enok Rohayani, Rindu Rosmawati, Fajriani Ulfah, Muhammad Syadudin, dan Tito Suhendar. Dalam jangnka 1 tahun SD Juara bisa membuat kepercayaan masyarakat meningkat, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarkat yang ingin menyekolahkan anaknya ke SD Juara Bandung.

Seiiring berjalannya waktu banyak donatur yang peduli pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat tidak mampu yang dikelola SD Juara sehingga kami bisa membangun lantai 2 dengan pendukung fasilitas lainnya. Namun hal tersebut belum mencukupi karena keterbatasan lahan yang dimiliki pihak masjid.
Kami menyadari sarana prasarana merupakan salah satu unsur yang sangat dominan dalam pembelajaran yang berkualitas. Pada saat itu SD Juara Bandung mempunyai 6 ruangan yang dihuni 148 peserta didik. Sementara satu ruangan lagi berfungsi sebagai ruang guru yang dihuni oleh 14 personil tenaga pendidik dan kependidikan. Anak-anak melakukan aktivitas upacara, olah raga, hingga bermain, di area parkir masjid yang berbentuk segi tiga berukuran 40 meter persegi.

Alhamdulillah menginjak tahun ke 9  berkat donatur Rumah Zakat, pada tahun 2016 SD Juara Bandung menempati lahan 1290 m2 dan gedung sendiri seluas 966 m2 berlantai 3 dengan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran. Gedung sekolah yang beralamat di jalan terusan panyileukan RT 04 RW 13 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung berkonsep sekolah hijau untuk mendukung program ramah lingkungan. Pada saat ini SD Juara Bandung memiliki 6 ruang kelas, masjid, ruang multimedia, perpustakaan, ruang konseling, UKS, dan gudang. Anak-anak melakukan aktivitas upacara, olah raga, hingga bermain, di area lapangan sekolah yang berukuran 600 meter persegi.

Berkat dukungan dari donatur Rumah Zakat berimbas pada pencapaian prestasi sekolah baik yang skala local sampai tingkat nasional, antara lain sekolah memperoleh pengahargaan Adiwiyata tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional. Selain itu prestasi siswanya pun tidak bisa dianggap remeh, sejak awal berdiri sudah ratusan prestasi yang diberikan peserta didik untuk sekolah, dari mulai tingkat local sampai nasional.

0 komentar: